image1 image2 image3
logo

Perpustakaan

Balai Litbang P2B2 Tanah Bumbu merupakan instansi penelitian di bidang penyakit bersumber binatang, untuk menunjang kegiatan tersebut diperlukan sarana–sarana pendukung, salah satunya adalah perpustakaan. Saat ini koleksi buku yang terdapat di perpustakaan sebanyak 1.615 judul yang terdiri dari buku kesehatan dan umum, majalah/buletin/jurnal kesehatan, skripsi, tesis, prosiding dan laporan-laporan penelitian.

Adapun kegiatan Unit Perpustakaan meliputi :

a. Meregistrasi bahan pustaka

Meregistasi bahan pustaka adalah kegiatan mencatat identitas bahan pustaka yang diterima perpustakaan pada buku induk serta membubuhi catatan seperti nomor induk dan pemberian cap stempel pada bagian tertentu pada dalam bahan pustaka.

b. Menentukan tajuk subjek

Menentukan tajuk subjek adalah menganalisis isi bahan pustaka dan menentukan istilah yang sesuai untuk ditetapkan sebagai titik akses yang paling tepat untuk mewakili sabjek atau isi buku dengan menggunakan standar tertentu.

c. Melakukan klasifikasi

Melakukan klasifikasi adalah menganalisis isi bahan pustaka dan menentukan notasi kelas yang tepat untuk mewakili sabjek bahan pustaka tersebut dengan menggunakan pedoman klasifikasi Dewey Decimal Classification.

d. Membuat sari karangan

Membuat sari karangan adalah kegiatan menyarikan isi bahan yang terkandung dalam bahan pustaka untuk memberikan gambaran mengenai cakupan umum isi bahan pustaka.

e. Membuat kelengkapan bahan pustaka

Membuat kelengkapan bahan pustaka adalah kegiatan meyiapkan dan memasang kelengkapan bahan pustaka seperti label buku, kantong buku, slip buku dan lain-lain sebagai satu kesatuan agar bahan pustaka itu siap pakai bagi pemakai jasa perpustakaan.

f. Meyimpan dan melestarikan bahan pustaka

Meyimpan dan melestarikan bahan pustaka adalah kegiatan menjaga keteraturan penempatan koleksi perpustakaan yang ditujukan untuk memudahkan temu kembali, memperkecil kerusakan dan meperpanjang usiabahan pustaka, kegiatan ini mencakup menata, melindungi, merawat, memelihara bahan pustaka.

g. Mengelola jajaran bahan pustaka (shelving)

Mengelola jajaran bahan pustaka (shelving) adalah kegiatan menempatkan dan meyusun kembali bahan pustaka pada rak berdasarkan nomor klasifikasi buku.

h. Pelayanan informasi

Pelayanan informasi adalah kegiatan memberikan bantuan dan jasa informasi kepada pemakai perpustakaan seperti melakukan layanan sirkulasi kegiatan melayani pengguna jasa perpustakaan dalam peminjaman dan pengembalian bahan pustaka.

 

2018  Balai Litbang P2B2 Tanah Bumbu