image1 image2 image3
logo

Survei Filariasis Laboratorium Parasitologi Balai Litbang P2B2 Tanah Bumbu Untuk Mendukung Eliminasi Filariasis Di Kabupaten Tanah Bumbu

Filariasis adalah infeksi yang disebabkan oleh cacing filaria. Penyakit ini lebih dikenal di masyarakat dengan nama penyakit kaki gajah. Penyakit ini ditularkan melalui gigitan nyamuk dan dapat menyerang manusia maupun hewan. Filarisasis masih menjadi masalah kesehatan di Indonesia sehingga pemerintah bertekad untuk mengeliminasi filariasis melalui kegiatan “Bulan Eliminasi Penyakit Kaki Gajah (BELKAGA)”. Untuk mendukung kegiatan ini Balai Litbang P2B2 Tanah Bumbu bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu untuk melakukan kegiatan survei Filariasis yang hasilnya nanti sebagai bahan evaluasi POMP yang telah dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu.

Kegiatan survei filariasis dilakukan selama 3 hari pada tanggal 27 Februari sampai tanggal 1 Maret 2017 di wilayah kerja Puskesmas Lasung Kabupaten Tanah Bumbu. Warga yang diambil darahnya adalah yang warga yang telah berumur 13 tahun keatas dan waktu pengambilan darahnya adalah pada saat malam hari. Desa yang terpilih untuk survei filariasis sebanyak 6 desa yaitu Desa Binawara, Desa Pacakan, Desa Lasung, Desa Sungai Rukam, Desa Anjir Baru, dan Desa Manuntung. Kegiatan ini sangat terbantu dengan peran aktif dari aparat desa dan tenaga kesehatan di tiap desa yang menjadi lokasi pengambilan darah sehingga kegiatan bisa berjalan lancar dan target minimal sampel yang diperlukan bisa tercapai.

Selama kegiatan didapat 435 sampel darah dari warga dan dari hasil pemeriksaan ditemukan 1 orang yang positif Brugia malayi.

 

Hasil dari kegiatan ini akan diserahkan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu sehingga bisa digunakan untuk mengambil kebijakan dan strategi dalam mengeliminasi filariasis di Kabupaten Tanah Bumbu. (Deni F)

 

**********

2018  Balai Litbang P2B2 Tanah Bumbu