image1 image2 image3
logo

Sosialisasi Lintas Sektor/Program Pengendalian Vektor di Wilayah Kerja KKP Batulicin

Batulicin - Pada hari Rabu tanggal 15 Maret 2017, bertempat di hotel friendship Batulicin, diadakan pertemuan Sosialisasi Lintas Sektor /Lintas Program Pengendalian Vektor dan Zoonosis di Wilayah Pelabuhan yang diadakan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Banjarmasin Wilayah Kerja Batulicin. 

Kegiatan ini melibatkan seluruh instansi terkait yang berada dilingkungan wilayah kerja dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Banjarmasin Wilayah Kerja Batulicin. Untuk kegiatan ini KKP Wilayah Kerja Batulicin mengundang instansi , lembaga lintas sektor / lintas program yang diundang untuk menghadiri kegiatan ini diantaranya adalah : Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu, Puskesmas Kelurahan Batulicin, TNI AL Batulicin, Dinas Perhubungan Kabupaten Tanah Bumbu, Satpol Air Batulicin, Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Tanah Bumbu, RT RW di lingkungan Wilayah Kerja KKP Batulicin, PT. Angkutan Sungai dan Penyeberangan (ASDP) dan Balai Litbang P2B2 Tanah Bumbu.

Kegiatan ini dibuka oleh Kasie PRL Kantor  Kesehatan Pelabuhan Kelas II Banjarmasin,  Baju Noor Indrianto, yang dilanjutkan dengan Laporan Ketua Pelaksana.  Dilanjutkan dengan sambuatn dari Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Banjarmasin,  H. Sabilal Rasyad, SKM, M.Kes. 

Balai Litbang P2B2 Tanah Bumbu mendapat kesempatan menjadi narasumber pada kegiatan Sosialisasi Lintas Sektor /Lintas Program Pengendalian Vektor dan Zoonosis di Wilayah Pelabuhan. Narasumber dari Balai Litbang P2B2 Tanah Bumbu dibawakan oleh M. Rasyid Ridha, SKM, M.Si dengan pokok pembahasan mengenai Gambaran dan Situasi vektor di Wilayah Kalimantan Selatan. Penyampaian ini untuk memberikan penjelasan dan pemahaman kepada masyarakat akan bahaya penyakit yang disebabkan oleh vektor baik itu dari serangga maupun dari binatang seperti tikus dan binatang lainnya. Karena pembahasan ini disampaikan kepada peserta lintas sektor dengan berbagai macam disiplin ilmu yang berbeda maka penyampaian pembahasan juga menggunakan bahasa umum yang mudah dipahami oleh semua peserta.

Penyampaian ini mendapat tanggapan yang cukup antusias dari seluruh peserta yang hadir pada saat itu, beberapa pertanyaan juga melibatkan pihak dinas pertanian dan peternakan, Dinas Perhubungan, Syahbandar, PT ASDP dan Ketua RT lingkungan wilker Batulicin yang antusias memberikan pertanyaan kepada narasumber maupun kepada pihak KKP kelas II Banjarmasin. Dengan pelaksanaan kegiatan ini diharapkan juga kesadaran masyarakat akan dampak  dari penyakit yang dtularkan oleh vektor terhadap kesehatan baik dampak langsung maupun dampak secara tidak langsung.    

Dengan kegiatan ini diharapkan peran serta seluruh lapisan dalam menjaga lingkungannya dari bahaya penularan penyakit melalui vektor dapat di tingkatkan. Pelaksanaan kegiatan pengendalian vektor dilingkungan KKP wilayah kerja Batulicin ini melibatkan seluruh lapisan masyarakat dan juga instansi terkait yang tentunya juga selaras dengan hasil Rakerkesnas 2017 untuk melibatkan seluruh lapisan masyarakat dalam pelaksanaan Program Indonesia Sehat yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (Musdepi A)

 

**********

2018  Balai Litbang P2B2 Tanah Bumbu