image1 image2 image3
logo

Rapat Kerja Badan Litbangkes Dengan Penguatan Manejemen Litbangkes Mendukung Program Prioritas Kesehatan

Rapat kerja Badan Litbangkes Kemenkes RI mulai dilaksanakan pada tanggal 19 Maret 2017. Pada hari pertama kegiatan rapat kerja dilaksanakan dengan laporan kinerja 2016 dan rencana 2017-2019 Badan Llitbangkes yang disampaikan oleh Sekretaris Badan Litbangkes yang disampaikan. Kemudian dilanjutkan dengan arahan dari Kepala Badan Litbangkes, dr Siswanto, MPH. 

Dalam arahan yang diberikan, beliau menyampaikan bahwa terdapat prinsip-prinsip litbang yang benar dalam pencapaian kinerja dengan baik adalah sebagai berikut : 

1. Pengarahan 

2. Penyelenggaraan penelitian.

3. Utilisasi Hasil Penelitian 

4. Mobilisasi Sumber Daya (SDM, Sarpras Lab)

Indikator Kinerja Program (IKP) suatu organisasi dalam Badan Litbangkes dapat dilihat melalui : 

1. Publikasi Ilmiah yang dihasilkan. 

2. Laporan kegiatan yang dibuat dengan baik . 

3. Rekomendasi yang menjadi acuan bagi pemngku Kebijakan.

4. Hak Paten dari hasil penelitian. 


Pada kesempatan ini beliau juga menyampaikan bahwa adanya keterkaitan dalam pencapaian kinerja yang baik antara masing-masing bagian dalam organisasi baik itu bagian Tata Usaha, Program Kerjasama dan Peneliti. Dari hal ini diharapkan dapat membangun Badan Litbangkes hebat dengan menerapkan prinsip prinsip manajemen penelitian dan pengembangan yang benar. Dan selanjutnya badan litbangkes mampu menyediakan data dan informasi yang diperlukan oleh seluruh pemangku kebijakan. 

Kegiatan Raker Badan Litbangkes ini dibuka langsung oleh Menteri Kesehatan RI, Prof.Dr.dr. Nila Djuwita F.Moeloek,SpM.(K)  pada tanggal 20 Maret 2017 dilanjutkan dengan diskusi dengan seluruh peserta kegiatan Raker Badan dan kunjungan ibu menteri ke stand pameran Badan Litbangkes. Pada kesempatan kunjungan ini beliau memberikan apresiasi atas data hasil penelitian yang dibuat oleh masing-masing puslitbangkes dan mengharapkan data tersebut dapat dimanfaatkan oleh Kementerian Kesehatan RI dalam menentukan kebijakan.

Pada kegiatan ini dihadirkan beberapa orang narasumber yang berasal dari lembaga lintas sektor demi mendukung program Indonesia sehat yaitu,  Drs. Arustiyono, Apt,MPH dengan jabatan sebagai Kepala Pusat Riset Obat dan Makanan Badan Pengawas Obat dan Makanan menyajikan materi dengan judul riset berorientasi produk. 

Direktur Jenderal, Dra Maura Linda Sitanggang, Apt.,PhD, materi Penelitian Berbasis Industri disampaikan pada Rapat Kerja Badan Litbang Kesehatan. Pada kegiatan ini moderator adalah Kepala Badan Litbangkes, dr Siswanto, MPH.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembahasan dan selanjutnya dilaksanakan presentasi dari hasil pembahasan dari lima kelompok tersebut  yang terbagi menjadi lima kelompok  terdiri dari : 

1. Kelompok I Rencana Penelitian 2018

2. Kelompok II Sumber Daya Manusia 

3. Kelompok III Penataan Organisasi 

4. Kelompok IV  Utilisasi Hasil Litbangkesdan Jejaring 

5. Kelompok V Sarana dan Prasarana 

Setelah dilaksanakan pembahasan dan hasil pembahasan tersebut dipresentasikan oleh masing-masing kelompok pada Raker Badan Litbangkes dan hasil rapat kerja ini menjadi pedoman bagi seluruh Satker Badan Litbangkes dalam melaksanakan kegiatan. (Musdepi A)

 

**********

2018  Balai Litbang P2B2 Tanah Bumbu