image1 image2 image3
logo

Mari Berburu Data Bersama Peneliti

Sebagai seorang peneliti, berburu merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilakukan. Namun, bukan sembarang berburu karena targetnya kali ini adalah data. Data yang nantinya dapat memberikan informasi penting dan berharga dalam pengambilan keputusan dan kebijakan demi kemaslahatan.

Sebelum melakukan perburuan, peneliti harus mempersiapkan persenjataan yang lengkap dan persiapan yang matang, sehingga bidikan atau tembakan nantinya dapat tepat sasaran sesuai dengan apa yang diharapkan. Proposal adalah salah satu senjata yang wajib dipersiapkan oleh para peneliti sebelum berburu. Bagaimanapun juga target buruan dan strategi yang akan digunakan terangkum dalam proposal. Proposal harus diasah setajam mungkin untuk bisa meyakinkan bahwa perburuan yang akan dilakukan sangatlah penting untuk dilaksanakan. Mental merupakan hal yang tidak kalah penting untuk dipersiapkan pula, karena sebelum memulai perburuan peneliti harus menguji sejauh mana senjata yang dipersiapkan baik untuk digunakan. Proposal harus dipresentasikan dan dipertahankan dihadapan para ahli, dan segala kemungkinan permasalahan yang akan ditemukan selama perburuan harus dapat diantisipasi dengan baik dan hasilnya dapat dipertanggung jawabkan.

Area perburuan bagi peneliti tidak hanya terbatas pada area tertutup seperti hutan atau  jauh dari pemukiman, namun lebih luas lagi hingga ke area terbuka seperti pemukiman penduduk. Hasil buruan kemudian dikoleksi, tidak hanya untuk diamati dan dinikmati tapi juga dianalisis sehingga tidak sekedar jadi pajangan atau lukisan semata yang hanya memberikan nilai seni namun juga memberikan nilai jual yang tak ternilai harganya karena informasi yang dimiliki dan manfaat yang dibagi. (Ika S)

 

 **********

2018  Balai Litbang P2B2 Tanah Bumbu