Adakah Infeksi Cacing Taenia solium pada Masyarakat Dayak Meratus?

HSU - Kabupaten Hulus Sungai Selatan adalah salah satu Kabuaten yang terdpat di Provinsi Kalimantan Selatan. Nama ibukota Kabupaten HSS adalah Kandangan, Secara topografi Kabupaten HSS terdiri atas pegunungan dan dataran rendah alluvial. suku yang mendiami sebagian besar wilayah di kabupaten HSS adalah suku Banjar sedangkan untuk suku lain seperti suku dayak meratus bisa ditemui di Kecamatan Loksado. Pada suku Dayak Meratus, masyarakatnya masih sering mengkonsumsi daging Babi yang dimasak tidak sempurna seperti di panggang. Hal ini dapat menjadi faktor resiko terjadinya infeksi cacing Taenia Solium. Taenia solium adalah cacing pita babi yang termasuk dalam keluarga Taeniidae. Ini adalah parasit zoonotik usus ditemukan di seluruh dunia, dan yang paling umum di negara-negara di mana babi dimakan. Cacing dewasa ditemukan pada manusia dan memiliki tubuh datar, seperti-pita, yang berwarna putih dan panjangnya 2 sampai 3 m.

Read more: Adakah Infeksi Cacing Taenia solium pada Masyarakat Dayak Meratus?

Ancaman Malaria di Balik Cantiknya Alam Desa Mentawakan Mulia

Tanah Bumbu - Berdiri di atas bebukitan tinggi dengan luas ribuan hektar -- hasil reklamasi lahan bekas tambang sumber daya alam yang kini menjelma menjadi permadani sawit -- dan dihiptonis oleh belaian angin sejuk, hanya kekaguman yang berulang-ulang terucap.

Read more: Ancaman Malaria di Balik Cantiknya Alam Desa Mentawakan Mulia

Berwisata sambil menambah ilmu pengetahuan dengan Mahasiswa/i UNISKA Banjarmasin dan Banjarbaru

Tanah Bumbu - Balai Litbang Kesehatan Tanah Bumbu melaksanakan kegiatan wisata ilmiah untuk Mahasiswa/I Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan (FKM UNISKA). Kegiatan ini dilaksanakan dari senin (06/5)  s.d  Rabu, (09/5) tahun 2018 di lingkungan kantor Balai Litbang Kesehatan Tanah Bumbu. 

Read more: Berwisata sambil menambah ilmu pengetahuan dengan Mahasiswa/i UNISKA Banjarmasin dan Banjarbaru

Awas Tikus Rumah Sebagai Bank Parasit

Tanah Bumbu - Pada awal Juli 2018, Tim Laboratorium Parasitologi Balai Litbangkes Tanah Bumbu bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu melakukan Survei Tikus di Desa Juku Eja, Kec. Kusan Hilir, Kab. Tanah Bumbu.

Read more: Awas Tikus Rumah Sebagai Bank Parasit

Kegiatan Penelitian Filariasis di Kabupaten Barito Kuala

Barito Kuala - Filariasis atau yang dikenal juga dengan sebutan elephantiasis atau yang dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai penyakit kaki gajah adalah penyakit menular kronis yang disebabkan oleh infeksi cacing filarial. Kabupaten Barito Kuala merupakan salah satu kabupaten endemis filariasis di Kalimantan Selatan. Dengan target nasional Mf Rate kurang dari 1%, Kabupaten Barito Kuala dinyatakan endemis filariasis dengan angka mikrofilaria rate sebesar 2,19%.

Read more: Kegiatan Penelitian Filariasis di Kabupaten Barito Kuala