image1 image2 image3
logo

Inventarisasi Aset Barang Milik Negara

Manajemen suatu organisasi perusahaan swasta maupun pemerintah mungkin tidak mengetahui berapa tepatnya aset yang dimiliki atau mereka tidak mengetahui bentuk dan dimana posisi aset tetap yang dimilikinya. Pertanyaan tersebut muncul ketika penulis membaca beberapa artikel terkait carut-marutnya pengelolaan aset baik di instansi pemerintah maupun swasta. Untuk itu Manajemen perlu melakukan inventarisasi aset yang merupakan salah satu dari fungsi manajemen aset. Manajemen aset merupakan suatu cara dalam mengelola, mengoptimalkan dan mengendalikan aset agar dapat menunjang kegiatan utama operasional perusahaan. Berikut ini merupakan definisi inventarisasi aset menurut beberapa ahli:

Baca Selanjutnya, Inventarisasi Aset Barang Milik Negara

Mari Berburu Data Bersama Peneliti

Sebagai seorang peneliti, berburu merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilakukan. Namun, bukan sembarang berburu karena targetnya kali ini adalah data. Data yang nantinya dapat memberikan informasi penting dan berharga dalam pengambilan keputusan dan kebijakan demi kemaslahatan.

Read more: Mari Berburu Data Bersama Peneliti

Pengelolaan/Penata Usahaan BMN dan Pencapaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian

Pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) dalam peraturan pemerintah meliputi; Perencanaan kebutuhan, Penganggaran, Pengadaan, Penggunaan, Pemanfaatan, Pengamanan dan Pemeliharaan, Penilaian, Penghapusan, Pemindahtanganan, Penatausahaan, Pembinaan, Pengawasan dan Pengendalian.

Baca Selanjutnya, Pengelolaan/Penata Usahaan BMN dan Pencapaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian

Sehat Dengan Senam Pagi

 

Olah raga mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. Banyak penyakit yang dapat dicegah dengan berolah raga secara teratur. Olah raga juga dipercaya sebagai sarana yang baik untuk menggapai hidup sehat dan lebih berkualitas. Berbagai cara yang dilakukan orang-orang untuk berolah raga demi menjaga kesehatan, baik jasmani maupun rohani, senam pagi salah satunya. Senam pagi adalah salah satu olah raga yang sangat bermanfaat untuk penyembuhan dan terapi dari beberapa jenis penyakit.

Baca Selanjutnya, Sehat Dengan Senam Pagi

Tugas, Wewenang dan Jabatan Dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

Sesuai dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 54 Tahun 2010 dan Perpres RI No. 35 Tahun 2011 tentang perubahan atas Perpres No. 54 Tahun 2010 maka didalam pelaksanaan kegiatan pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dapat dilaksanakan melalui penyedia maupun swakelola.

Read more: Tugas, Wewenang dan Jabatan Dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

2018  Balai Litbang P2B2 Tanah Bumbu