Pameran Pada Perayaan Adat Mappanretasi di Pantai Pagatan Kabupaten Tanah Bumbu

Published: Tuesday, 27 September 2016

Mappanretasi/Pesta Pantai adalah pesta adat yang sudah turun temurun dilakukan oleh masyarakat di daerah pesisir Pantai Pagatan ini, dalam perkembangannya kini dikelola oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu dan menjadi agenda wisata bagi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat. Kini Mappanretasi sudah menjadi milik masyarakat Tanah Bumbu dan dalam kegiatannya melibatkan semua etnis yang mendiami Tanah Bumbu. Sebuah kolaborasi budaya yang harmonis dan membanggakan dalam semangat Nasionalisme bangsa kita.

Pada bulan April tahun 2016 ini pihak pemerintah daerah Kabupaten Tanah bumbu bersama dengan panitia mappanretasi pantai pagatan mengadakan kegiatan pesta pantai tahun 2016. Kegiatan ini dimulai bertepatan dengan hari jadi ke-13 Kabupaten Tanah Bumbu pada  tanggal 8 April 2016 dan pada puncaknya dilaksanakan mappanretasi pada tanggal 24 agustus 2016.

Berbagai rangkaian kegiatan yang menyemarakan pesta hari jadi Kabupaten Tanah Bumbu telah disiapkan. Salah satu pesta yang ditunggu oleh seluruh masyarakat adalah Pesta Pantai Mappanretasi yang berlangsung di Pantai Pagatan yang berjarak sekitar 23 kilometer dari Kota Batulicin, ibukota Kabupaten Tanah Bumbu. 

Menurut panitia pelaksanaan event hari jadi Kabupaten Tanah bumbu yang ke-13 yang digelar dari tanggal 8 s/d 24 April 2016 acara yang diadakan di pantai pagatan sebagai berikut  Expo Tanah Bumbu (Pameran),  Water screen Projection Show, Beach Music consert, Culture Festival, Festival Layang-layang, Beach Food Pestival, Fashion Show, Fsetival Kembang Api, Pesta Lampion dan Pesta laut Mappanretasi.

Pada pembukaan Ekspo Tanah bumbu, Bupati Kabupaten Tanah Bumbu Bpk. Mardani H. Maming menyatakan bahwa Pameran merupakan wahana untuk menumbuh kembangkan apresiasi masyarakat terhadap instansi yang melaksanakan pameran.. Lebih lanjut lagi beliau menjelaskan fungsi dari expo tanah bumbu ini adalah sebagai berikut : 

1. Fungsi apresiasi diartikan sebagai kegiatan untuk menilai dan menghargai hasil kegiatan yang telah dilaksanakan. Suatu penghargaan akan timbul setelah masyarakat melihat, menghayati, memahami kegiatan yang telah dilaksanakan. Melalui kegiatan ini pula akan muncul apresiasi aktif dari  masyarakat yang akan terdorong untuk berpartisifasi serta apresiasi berupa penghargaan dari masyarakat setelah masyarakat memahami kegiatan yang telah dilaksanakan oleh instansi yang melaksanakan pameran tersebut.

2. Fungsi edukasi diartikan sebagai pemberian nilai-nilai pendidikan kepada masyarakat untuk memberikan pengajaran kepada masyarakat hasil-hasil penelitian yang telah dilaksanakan oleh Balai Litbang P2B2 Tanah Bumbu .

3. Fungsi rekreasi, kegiatan pameran memberikan rasa senang sehingga dapat memberikan hiburan tersendiri, sehingga penataan stand pada pameran juga disusun semenarik mungkin agar dapat menarik pengunjung untuk mengunjungi stand tersebut.

4. Fungsi prestasi dimaksudkan bahwa melalui kegiatan pameran dapat memberikan pengetahuan kepada masyarakat atas prestasi yang telah dibuat oleh instansi yang melaksanakan pameran tersebut.

Sebagai salah satu satuan kerja dari Badan Litbangkes Kemenkes RI yang berada di Provinsi Kalimantan Selatan, Kabupaten Tanah Bumbu dan untuk memperkenalkan Balai Litbang P2B2 Tanah Bumbu kepada masyarakat maupun instansi pemerintahan dan lembaga lainnya yang berada di Kabupaten Tanah Bumbu, maka Balai Litbang P2B2 Tanah Bumbu mengikuti pelaksanaan Expo Tanah Bumbu sebagai wahana untuk lebih memperkenalkan Balai Litbang P2B2 Tanah Bumbu.  

Pada pelaksanaan pameran ini masing-masing unit Laboratorium yang ada pada Balai Litbang   P2B2 Tanah Bumbu turut berpartisipasi dalam persiapan dekorasi dan isi dari stand pameran tersebut yaitu : 

1. Unit Pelayanan penelitian berkoordinasi dengan panitia pameran dalam hal pengkoordinasian pada :

a) Unit Laboratorium Parasitologi berkoordinasi dengan panitia bagian perlengkapan menyiapkan berupa poster, mikroskop, koleksi keong, koleksi cacing dan slide Filariasis. 

b) Unit Laboratorium Entomologi berkoordinasi dengan panitia bagian perlengkapan menyiapkan bahan berupa koleksi nyamuk, jentik dan mikroskop.

c) Unit Laboratorium Mikrobiologi berkoordinasi dengan panitia bagian perlengkapan menyiapkan berupa koleksi lalat dan memberikan data yang diperlukan dalam pelaksanaan pameran tersebut.

d) Unit Laboratorium GIS dari Balai Litbang P2B2 Tanah Bumbu juga berkoordinasi dengan bagian perlengkapan dengan meminjamkan 1 unit CPU all in one untuk memberikan data yang ada agar bisa ditampilkan melalui layar monitor berupa video, gambar kegiatan penelitian dan kegiatan lainnya di Balai Litbang P2B2 Tanah Bumbu.

2.Unit Tata usaha beserta bagian keuangan dan kepegawaian berkoordinasi dengan panitia pameran untuk mempersiapkan dana serta sinkronisasi penjadwalan dan kegiatan administrasi lainnya dalam pelaksanaan kegiatan pameran ini.

3.Unit Program dan kerjasama berkoordinasi dengan panitia pameran untuk koordinasi dengan pihak terkait dalam pelaksanaan kegiatan pameran, dokumentasi dan kegiatan lain yang berhubungan dengan pengkoordinasian kegiatan dengan instansi terkait.  

Selain memamerkan data hasil penelitian, peralatan penelitian dan kegiatan yang dilaksanakan oleh Balai Litbang P2B2 Tanah Bumbu pada stand pameran ini, stand Balai Litbang P2B2 Tanah Bumbu juga membagikan quesioner kepada setiap pengunjung yang telah mengisi buku tamu pada stand tersebut. Panitia pameran Balai Litbang P2B2 Tanah Bumbu juga memberikan pengunjung souvenir/ kenang-kenangan berupa sticker, pulpen, pin dan lain-lain sesuai dengan hadiah yang tertulis pada kupon yang diberikan panitia setelah pengunjung mengisi kuesioner yang diberikan oleh panitia. (Humas)

*******

Hits: 830