Peningkatan Kemampuan SDM dan Sarana Prasarana di Balai Litbangkes Tanah Bumbu Dimulai Dari Kita

Published: Thursday, 29 November 2018

Tanah Bumbu - Selasa, 27/11 2018 Balai Litbang Kesehatan Tanah Bumbu melaksanakan Kegiatan temu wicara ilmiah sebagai salah satu kegiatan keilmiahan Balai Litbangkes Tanah Bumbu yang merupakan satu rangkaian kegiatan dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional yang ke 54. Di mana 2 minggu sebelumnya Balai Litbangkes Tanah Bumbu  telah memulai dengan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat umum melalui kegiatan perlombaan cuci tangan, gosok gigi, minum susu dan penyuluhan tentang stunting di desa Pandan Sari Kabupaten Tanah Bumbu. Sedangkan untuk temu wicara ilmiah kali ini dikhususkan untuk mengangkat topik mengenai kesehatan dalam tataran pengembangan instansi baik SDM kesehatan maupun sarana pra sarana yang ada di Balai Litbangkes Tanah Bumbu. Kegiatan temu wicara ilmiah ini dilaksanakan dengan mengundang Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota sebagai salah satu jejaring mitra kesehatan Balai Litbangkes Tanah Bumbu di Kalimantan Selatan.

Pelaksanaan temu wicara ilmiah di Balai Litbangkes Tanah Bumbu mengangkat 3 (topik) bahasan yaitu :

  • Pengembangan Laboratorium Mikrobiologi untuk bidang leptospirosis dengan narasumber dari Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Reservoir dan Penyakit Salatiga, Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan RI -> Ibu Farida Dwi Handayani, S.Si, M.Si
  • Pemeriksaan mikroskopis malaria slide kontrol positif dengan narasumber dari Puslitbang Biomedis dan Teknologi Dasar Kesehatan, Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan RI -> Ibu Budi Prasetyorini, SKM  dari Pusat Libang Biomedis (Pusat 1) Badan Litbangkes yang juga merupakan salah satu tim penyusun buku pedoman teknis pemeriksaan parasit malaria yang dikeluarkan oleh Ditjen P2P tahun 2017
  • Perkembangan jurnal nasional dan JHECDs dengan narasumber dari Sekretariat Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan RI -> Bapak Happy Chandraleka, ST: dari Sekretariat Badan Litbangkes.

Ruang lingkup kegiatan/tupoksi Balai Litbangkes Tanah Bumbu secara garis besar meliputi 3 (tiga) kegiatan keilmiahan yaitu :

  • Kegiatan penelitian yang berbasis pada Renstra, RPJM, dan CORA
  • Kegiatan Publikasi Ilmiah melalui JHECDs
  • Kegiatan laboratorium yang terdiri dari 5 (lima) laboratorium yaitu 
  1.  Laboratorium parasitologi yang diketuai oleh Ibu Juhairiyah, SKM
  2.  Laboratorium entomologi yang diketuai oleh Bapak M Rasyid Ridha, SKM, M.Si sekaligus ketua redaksi jurnal JHECDs
  3.  Laboratorium mikrobiologi yang diketuai oleh Bapak drh Dicky Andiarsa, M.Ked
  4.  Laboratorium biomolekuler yang diketuai oleh Bapak dr Paisal, M.Biomed
  5.  Laboratorium data dan informasi diketuai oleh Yuniarti Suryatinah.

Kegiatan ini merupakan salah satu perwujudan dari pelaksanaan pembinaan dan pendampingan kegiatan ilmiah di Balai Litbangkes Tanah Bumbu. Namun tanpa komitmen yang kuat dari masing-masing pelaksana kegiatan, tentunya pemaparan yang disampaikan oleh masing-masing narasumber ini tidak akan mampu meningkatkan kompetensi SDM dan sarana prasarana dari Balai Litbangkes Tanah Bumbu.

Kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik atas partisipasi dari seluruh panitia kegiatan temu wicara ilmiah baik dari Balai Litbang Kesehatan Tanah Bumbu, Narasumber, dan dukungan dari seluruh staff dan struktural di Balai Litbang Kesehatan Tanah Bumbu, serta keikut sertaan dari Rumah Sakit Umum Daerah dr. H. Abdurrahman Noor dan Laboratorium Kesehatan Daerah Kabupaten Tanah Bumbu. (Musdepi A) 

 

**********

Hits: 38