Mahasiswa(i) Poltekkes Banjarmasin Prodi Kesling Rela Tempuh Jarak 250an Km Demi Kunjungan Praktek di Balai Litbangkes Tanah Bumbu

Published: Monday, 05 November 2018

Tanah Bumbu - 2/11 2018 Untuk mendapatkan ilmu diperlukan perjuangan, hal ini juga dirasakan oleh Mahasiswa/i dari Poltekkes Banjarmasin Jurusan Kesehatan Lingkungan D IV, semester V mata kuliah Pengendalian Vektor dan Binatang Pengganggu yang melaksanakan perjalanan dari Banjarbaru ke Balai Litbang Kesehatan Tanah Bumbu untuk mengikuti kegiatan kunjungan praktek di Balai bekerja sama dengan Poltekkes Banjarmasin melaksanakan kegiatan wisata ilmiah atau disebut juga kunjungan praktek Mahasiswa Poltekkes di Balai Litbangkes Tanah Bumbu dan berdasarkan surat yang dkirimkan oleh Poltekkes Banjarmasin nomor PP.03.03/3.2/1070/2018 tanggal 15 Oktober 2018.

Kegiatan wisata ilmiah ini merupakan salah satu perwujudan dari pelaksanaan perjanjian kerjasama yang telah dilaksanakan oleh Balai Litbang Kesehatan Tanah Bumbu dengan Poltekkes Banjarmasin jurusan Kesehatan Lingkungan. Bagi Poltekkes Banjarmasin Jurusan Kesehatan Lingkungan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperkenalkan dunia kerja khususnya dunia penelitian dan pengembangan kesehatan kepada Mahasiswa/i nya. 

Kegiatan ini didampingi oleh dosen pembimbing dan tim dari Poltekkes Banjarmasin yaitu  Dr. H.M.Irfa’i, S ST, MT , Isnawatti, SKM, M.Kes dan Budiyanti Mulyaningsih, S.Si, M.Sc dengan waktu kegiatan kunjungan praktek/wisata ilmiah pada hari Jum’at tanggal 2 Nopember 2018. Karena jarak tempuh yang cukup jauh, maka kegiatan ini dimulai dari tanggal 1 Nopember dari Banjarbaru dan pelaksanaan kegiatan pada tanggal 2 Nopember 2018

Kegiatan wisata ilmiah dilaksanakan selama 1 (satu) hari di Balai Litbang Kesehatan ini diantaranya adalah pembukaan kegiatan wisata ilmiah, pengenalan Balai Litbangkes Tanah Bumbu, dasar-dasar pengetahuan tentang nyamuk dan anthropoda pengganggu lainnya, praktek kolonisasi nyamuk di Insektarium, praktek identifikasi nyamuk, praktek penggunaan dissecting mikroskop, praktek rearing nyamuk, praktek pembedahan nyamuk, praktek mounting dan pinning nyamuk, penyampaian materi oleh M. Rasyid Ridha selaku Koordinator Laboratorium entomologi dengan dengan judul Dominasi dan Sebaran Vektor di kalimantan, penyampaian kesan dan pesan dari peserta kegiatan, dan penutupan pelaksanaan kegiatan wisata ilmiah yang ditutup oleh dr. Hijaz Nuhung, M.Sc selaku Kepala Balai Litbangkes Tanah Bumbu. (Musdepi A)

 

**********

Hits: 71