Keren, anak muda ini ciptakan alat penghitung jentik nyamuk

Published: Wednesday, 01 August 2018

 

 

Tanah Bumbu - Anak muda, bukan hanya identik dengan hal negatif namun kegiatan yang mereka lakukan bisa juga menjadi hal positif, ketika kegiatan yang dilaksanakan diarahkan pada hal yang positif tentunya ini juga akan menjadi luar biasa.  Seperti yang dilakukan oleh Mahasiswa F-MIPA ULM Banjarbaru ini yang telah menciptakan alat penghitung jentik nyamuk yang disebut dengan nama co-ject sebagai pelaksanaan kegiatan Program Kretifitas Mahasiswa yang didukung dengan baik oleh pihak Universitas F-MIPA ULM Banjarbaru. 

 11/7/2018 di Ruang uji Laboratorium Entomologi  Balai Litbangkes Tanah Bumbu dilakukan pengujian atas alat yang diberi nama Co-Jec (Counter Object) oleh Mahasiswa dari jurusan Fisika F-MIPA ULM Banjarbaru. Pengujian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan dan keakuratan penghitungan alat yang telah mereka ciptakan dalam melakukan penghitungan jentik nyamuk yang telah disediakan oleh Balai Litbangkes Tanah Bumbu, dengan jenis jentik sesuai yang diperlukan adalah jentik nyamuk aedes aegypti.  

 

Pelaksana penelitian dan pembuatan alat ini adalah Gia Eka Negara sebagai ketua, dengan dibantu oleh anggota  Anjar Pribadi dan Septian Nur Listyaputra.  Dengan bimbingan dari dosen pembimbing dari F-MIPA ULM Banjarbaru  Ade Agung Harnawan, S.Si.,M.Sc

Alat yang mereka buat bisa membantu untuk meringankan pekerjaan dalam melakukan penghitungan jentik nyamuk dengan lebih akurat. Alat ini nantinya akan sangat membantu dalam program pemantauan jentik yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan, Laboratorium Entomologi dalam melakukan kolonisasi, penelitian Kesehatan, lingkungan dll.

Menurut Gia ketua peneliti dan pembuat alat Co-Jec “ diharapkan alat yang dibuat bisa menjadi supporting device (Instrumen pendukung) pada penelitian nyamuk khususnya perhitungan jentik nyamuk. Diharapkan alat ini menjadi langkah awal munculnya penelitian berkelanjutan di Balai Litbangkes Tanah Bumbu dengan menggunakan metode pengolahan citra digital dan terjalinnya kerjasama penelitian yang berkelanjutan antara oprodi S1 Fisika F-MIPA ULM dan Balai Litbang Kesehatan Tanah Bumbu “ .

Kegiatan ini sebagai salah satu bentuk kerjasama antara Balai Litbangkes Tanah Bumbu dengan F-MIPA ULM Banjarbaru.  (Musdepi A

 

*********

 

Hits: 264