Percepatan Pengadaan di Lingkungan Badan Litbangkes Kemenkes RI

Published: Tuesday, 20 February 2018

Jakarta - Sesuai Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2015 Tentang Percepatan pelaksanaan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah, maka sebagai langkah-langkah percepatan pelaksanaan pengadaan Barang dan Jasa, Sekretariat Badan Litbangkes mengadakan pertemuan percepatan pelaksanaan pengadaan Barang dan Jasa Pada Tahun Anggaran 2018.

Kegiatan ini tidak terlepas dari Peserta pada kegiatan yang telah dilaksanakan sebelumnya di Bogor oleh Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan RI selama 3 hari dari tanggal 29 s/d 31 Januari 2018 di Hotel Green Forest Bogor. Pada kegiatan ini peserta terdiri dari Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Anggota Kelompok Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (Pokja PBJ) dan staf PPK (bagi Satker yang tidak ada perwakilan di Pokja ULP).

Kegiatan dilaksanakan selama 5 hari dimulai dari tanggal 4 Februari sampai dengan 8 Februari 2018 di Jakarta.

1. Pembukaan dan arahan dari Sekretaris Badan Litbangkes.

2. Kebijakan Percepatan pengadaan Barang/Jasa di Lingkungan Kementerian Kesehatan RI oleh Ka Biro Keuangan dan BMN Badan Litbangkes.

3. Penyusunan Rancangan Kontrak PBJ Pemerintah oleh LKPP.

4. Penyusunan kontrak pengadaan Barang/Jasa yang disampaikan oleh Kepala Biro Komunikasi pengadaan Barang Jasa LKPP.

5. Manajemen Kontrak dan strategi pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Oleh MCAI.

6. Indeks Kemahalan harga konstruksi dapat di koordinasikan dengan Kantor BPS di lingkungan daerah masing-masing satker.

7. Sosialisasi dan Penggunaan aplikasi SPSE terbaru versi 4.2.0 sebagai  hasil pengembangan aplikasi dari LPSE Pusat.

8. E-Purchasing (Perka LKPP No. 6/2016) :

a. Pengadaan barang/jasa melalui e-katalog

b. Pengecualian menggunakan e-katalog (Pasal 40) :

  • - Belum tercatum dalam e-katalog;
  • - Spesifikasi tdk sesuai kebutuhan;
  • - Penyedia tidak menanggapi pesanan;
  • - Penyedia tidak mampu menyediakan barang sebagian/sepenuhnya dalam jangka waktu yang ditentukan;
  • - Penyedia tidak mampu melayani karena keterbatasan jangkauan;
  • - Penyedia dikenakan sanksi;
  • - Harga lebih mahal dibandingkan dengan non katalog.

9. Pra-DIPA 2019 :

Mengidentifikasi, merencanakan dan melaksanakan kegiatan Pra DIPA tahun mendatang dengan melihat skala prioritas (kecenderungan konsistensi anggaran) Kriteria pekerjaan sbb :

  • - Waktu penyelesaian pekerjaan relatif lama (contoh : pengadaan alat kesehatan yang di impor dari luar negeri).
  • - Pekerjaan harus dilaksanakan segera, dimulai pada awal tahun sehingga kegiatan lelang/pengadaan harus dilaksanakan sebelum kegiatan dilaksanakan pada tahun sebelumnya. (contoh : outsourcing security, cleaning servis dan lain-lain).

Secara keseluruhan semua rencana kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan yang diharapkan, dan dapat selesai tepat waktu sesuai jadwal yang direncanakan selama lima hari dari hari Minggu s/d Kamis tanggal 04 s/d 08 Februari 2018. 

Pengadaan akan dilaksanakan secara maksimal untuk realisasi dari seluruh kegiatan yang dilaksanakan sesuai dengan DIPA Balai Litbang P2B2 Tanah Bumbu tahun 2018 direncanakan untuk melaksanakan percepatan Pengadaan Barang Jasa. (Depi A)

 

**********

Hits: 132